Indeks Bias

Jika kita mencelupkan pensil kedalam gelas berisi air, maka pensil tersebut akan nampak seolah – olah bengkok, walaupun jika kita angkat, pensil tetap lurus. Selain itu, banyak fenomena lain yang berkaitan dengan indeks bias, seperti jika melihat ikan di kolam, ikan nampak dekat dengan permukaan air dan bisa ditangkap tangan, walaupun aslinya ikan terletak lebih dalam dari permukaan air.

Fenomena ini dapat dijelaskan karena adanya perbedaan indeks bias pada medium yang berbeda, misalnya antara air dan udara. Dengan adanya indeks bias, kita dapat menentukan banyak hal, misalnya berapa sih letak ikan dalam air yang sesungguhnya ? Selain itu, kita dapat juga menentukan indeks bias medium dengan melakukan percobaan secara sederhana.

Pada praktikum kali ini, materi yang diberikan adalah menentukan indeks bias medium, yaitu kaca plan parallel. Para siswa kelas X SMAK YAHYA dibantu oleh Bp. Yulius Srisusanto, S.T untuk menentukan indeks bias kaca. Percobaan dilakukan dengan menggunakan peralatan sederhana, yaitu jarum pentul, kaca, kertas, penggaris dan busur derajat.

Dengan belajar menentukan indeks bias kaca, para siswa akan belajar memahami segala hal yang ada disekitar kita dapat dijelaskan secara ilmiah dan menambah kekaguman pada yang menciptakan segala sesuatu.

God is Great !!!