Perubahan Materi

Es mencair, besi berkarat, lilin terbakar habis, adalah contoh peristiwa yang umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak kita amati atau cenderung kita abaikan karena merupakan hal yang lumrah dan sudah biasa terjadi. Bukankah sudah seharusnya es mencair ? besi jika dibiarkan memang akan berkarat, sementara lilin, yah, sudah tidak jaman memakai lilin. Jadi, apa yang istimewa dari hal tersebut ?

Hal yang istimewa adalah perubahan yang terjadi, yaitu ada perubahan fisika dan ada perubahan kimia. Ini adalah salah satu materi praktikum kimia kelas X SMAK YAHYA. Para siswa dibantu oleh Ibu Jeni dan Bapak Alvin untuk melakukan percobaan sederhana sehingga para siswa lebih memahami mana saja yang merupakan perubahan kimia dan mana yang merupakan perubahan fisika.

Lalu, apa bedanya perubahan kimia dan perubahan fisika ? Silahkan mencari jawabannya sendiri. Buku cetak kimia atau internet merupakan media yang paling tepat untuk mencari perbedaannya. Namun, jika malas atau ingin gampang, dapat bertanya pada guru masing-masing. Selain itu, lab IPA dapat membantu, bahkan jika ada yang ingin mencoba sendiri beberapa percobaan sederhana untuk menentukan mana yang merupakan contoh perubahan kimia dan mana yang merupakan contoh perubahan fisika.

Perubahan kimia, atau perubahan fisika merupakan keajaiban yang menunjang kehidupan yang ada di muka bumi. Tanpa adanya kedua perubahan tersebut, mungkin tidak akan ada kehidupan di bumi. Memang, segala hal menyatakan keindahan dan keagungan penciptaan.

God is great !!!