Makhluk Hidup

Apa beda antara benda mati dan makhuk hidup ? Pertanyaan ini sederhana dan bisa dengan mudah kita jawab bukan ? Namun jika pertanyaan ini kita ajukan pada anak TK, jawaban yang akan kita peroleh sangat beragam dan menarik. Terkadang, kita akan dapati jawaban yang aneh dan terkesan lucu. Namun, hal ini wajar, karena pengetahuan anak TK masih terbatas dan banyak hal yang masih harus mereka pelajari.

Rabu tanggal 17 Maret 2010, Tim Lab IPA mengajarkan praktikum mengenai makhluk hidup dan benda mati. Kepada para siswa ditunjukkan makhluk hidup berupa kumang, anak ayam, anak bebek, ikan, dan tikus putih. Antusiasme siswa tampak saat mereka mengamati hewan yang disediakan tersebut.


Keterangan gambar :

  1. Siswa mengamati tikus putih
  2. Siswa mengamati anak ayam dan anak bebek
  3. Siswa bermain – main dengan tikus putih
  4. Hasil karya siswa, gambar makhluk hidup

Para siswa diberi penjelasan singkat mengenai perbedaan benda mati dan makhluk hidup, kemudian mereka diminta untuk menggambarkan makhluk hidup tersebut.
Hal yang lucu tampak ketika tikus putih dan anak bebek dibiarkan lepas di dalam kelas, karena anak-anak banyak yang berlarian akibat merasa geli atau takut. Selain berlarian, banyak anak yang menjerit-jerit karena takut, sehingga membuat suasana kelas ribut dan sedikit heboh. Namun, pada akhirnya siswa bisa ditenangkan ketika hewan tersebut ditangkap dan kembali dimasukkan kandang.

Materi ditutup dengan tanya jawab mengenai benda mati dan makhluk hidup, kemudian para siswa diajak berdoa dan mereka boleh pulang. Sungguh, segala makhluk hidup dan benda mati mengagungkan namaNya.

God is Great !!